Verifikasi Lapangan IDM di Desa Belangin Kecamatan Kapuas

DISPEMDES KAB. SANGGAU- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau bersama Koordinator pendamping Desa Kabupaten Sanggau melakukan verifikasi lapangan Indeks Desa Membangun di Desa Belangin Kecamatan Kapuas, Senin, (8/6/2020).


Kepala Bidang Pengembangan Desa, Antonius Mulyadi, S. STP., ME dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kehadiran dari DPM Pemdes bersama Koordinator TA, PD dan PLD di Desa Belangin untuk melakukan inputan data IDM tahun 2020.

Sebagaimana diketahui bahwa Indeks desa membangun adalah alat ukur yang dirancang oleh Kementerian Desa untuk mengetahui perkembangan suatu desa. Status Desa Belangin pada tahun sebelumnya sebagai desa maju, dan harapannya bisa menjadi desa mandiri.

Saat ini Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, melakukan pemetaan kondisi desa melalui indeks desa membangun.

Antonius Mulyadi menambahkan, “Selain untuk pemetaan, juga untuk melihat potensi dan permasalahan yang ada di desa. Mengingat masing- masing desa memiliki kebutuhan dan karakteristik yg berbeda”. Ujarnya

Koordinator TA pendamping Desa Kabupaten Sanggau, Abdul Kadir menyampaikan, Desa jangan sampai beranggapan bahwa ketika desanya masuk kategori desa mandiri, Maka jangan beranggapan bahwa desanya tak lagi dapat bantuan dana desa.

Verifikasi IDM yang dilakukan merupakan bagian dari SOP Tahapan yang mewajibkan tim Kabupaten untuk melakukan validasi hasil inputan aparatur desa dan PLD.

Abdul Kadir menjelaskan, “Apabila Indikator yang bisa mensuport kenaikan IDM pada tahun ke depan, Agar dapat mengalokasikan program kegiatan dalam APBDES 2021 Sehingga saat inputan tahun depan bisa menaikan retting nilai yang agak kurang”. Jelasnya