Rakor TTG Tingkat Kabupaten Sanggau tahun 2019

DISPEMDES- Rapat Koordinasi Pengembangan TTG (Teknologi Tepat Guna) di Aula Hotel Garden Palace Sanggau, Selasa 19 November 2019. Adapun yang menjadi peserta pada kegiatan ini Kepala Desa dan pengurus PLTMH.

Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau yang dalam hal ini diwakili oleh Plt. Sekretaris Alian, S. ST menyampaikan, sebelum kita membahas apa itu pengertian Teknologi Tepat Guna (TTG), ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan teknologi itu sendiri.

Teknologi dapat dikatakan sebagai keseluruhan saran untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Peserta Rakor terdiri dari Kepala Desa dan Pengurus PLTMH

Teknologi Tepat Guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat dan berdampak polutif minimalis dibandingkan teknologi pada umumnya.


Plt. Sekretaris DPM Pemdes menambahkan, Maksud dari rakor tersebut yakni untuk menyamakan persefsi dan meningkatkan koordinasi antara pemerintah desa, pengelola PLTMH dengan Pemerintah Kabupaten terkait pengelolaan PLTMH melalui POSYANTEK (pos pelayanan teknologi).
Pengelolaan PLTMH yang ada di desa semestinya dikeloka oleh Posyantekdes (pos pelayanan Tehnologi Desa).


Posyantekdes tersebut diharapkan menjadi mitra kerja Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam upaya pengelolaan PLTMH di desa.
“Mitra kerja sebagaimana dimaksud adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam mewujudkan desa maju dan mandiri
Melalui pengelolaan PLTMH yang dilakukan oleh POSYANTEKDES”.tegas Alian

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.