Rapat Koordinasi Tim Pembina dan Tim Sekretariat Program Desa Fokus Kabupaten Sanggau Tahun 2020

DISPEMDES KAB. SANGGAU- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau melaksanakan rapat tim Pembina dan Anggota Sekretariat Program Desa Fokus tahun 2020 di ruang rapat Bappeda Kabupaten Sanggau, Kamis (23/7/2020).

Tetap mematuhi protokol kesehatan

Maksud : Membangun pemahaman bersama tentang peningkatan IDM di Kabupaten Sanggau 2019- 2024 dan merumuskan rencana kerja tindak lanjutnya.

Tujuan : Menyepakati teknis dan waktu pelaksanaan target kinerja tim ; Elaborasi Data dan Penetapan Skala Prioritas

  1. Relevansi indikator dengan peningkatan status desa
  2. Tingkat urgensi indikator di desa.

SINGKRONISASI PERENCANAAN TINGKAT OPD

Mengkoneksikan indikator IDM dengan kegiatan OPDMerumuskan kebijakan pelaksanaan Desa Fokus (rencana aksi).

Sekretaris Daerah Kab. Sanggau dalam arahannya menyampaikan bahwa, Desa Fokus sebelumnya indikator untuk pengukuran belum memadai, dalam RPJMD (Misi ke-7), output dari desa fokus adalah meningkatnya Desa Mandiri, oleh sebab itu perlu dicari strategi dalam mewujudkannya berdasarkan locus, indikator dan target.

Lanjut, Kukuh Triatmaka, “apa skenario yang dilakukan dalam “Desa fokus”? Apa cara untuk mengkoneksikan indikator IDM dengan kegiatan OPD, bagaimana merumuskan pelaksanaan program / kegiatan yang akan dilakukan”, ujarnya.

Dengan perencanaan/ perumusan yang benar olwh tim diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Sanggau, dalam mewujudkan RPJMD 2019- 2024.

Kemudian, untuk kedepannya nanti Kukuh, menambahkan dalam pelaksanaannya nanti harus terencana dengan baik dan terarah, (terdata dengan baik dan tertib administrasi) sebagai wujud inovasi daerah dalam membangun.

KESIMPULAN :

Hasil rapat tersebut menyimpulkan bahwa untuk menentukan bentuk tindak lanjut yang lebih konkrit, maka akan dilakukan pertemuan kembali antara tim sekretariat dengan tim satuan tugas sesuai bidang kegiatan yang jadwal/ waktu akan ditentukan kemudian hari.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Sanggau, Kukuh Triatmaka, turut hadir Kepala Bappeda Kab. Sanggau, Yulia Theresya, para Kabid dilingkungan DPM Pemdes Kab. Sanggau, OPD terkait dan TA P3MD Kabupaten Sanggau.