Bimtek Replikasi Inovasi Desa Kec. Entikong Plt. Sekretaris DPM Pemdes, Alian: Replikasikan Program dan Kegiatan yang Inovatif dan Tepat Sasaran 


Kamis, 24 Oktober 2019 bertempat di ruang Balai Ngudungk Kantor Camat Entikong dilaksanakan Bimtek Replikasi Inovasi Desa.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Camat Entikong, Suparman, turut hadir Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh, Plt. Sekretaris DPM Pemdes, Alian, S. ST, Plt. Kabid Pariwisata Kabupaten Sanggau, Eddy Santana, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Sanggau, Abdul Kadir, P3MD Kecamatan Entikong, peserta terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris dan BPD.

Camat Entikong, Suparman dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan menyambut positif dilaksanakannya kegiatan Bimtek Replikasi Inovasi Desa ini, ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas.

Kepada peserta yang hadir agar serius dan mencermati apa yang disampaikan oleh narasumber dari OPD terkait dan Tenaga Ahli Kabupaten, kalau belum paham agar bertanya langsung kepada narasumber. “Harapannya setelah kegiatan ini para kepala desa dan sekretaris desa dapat dianggarkan dalam perencaan RKPDES dan APBDES Tahun 2020”.ujar suparman.

Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Plt. Sekretaris DPM Pemdes Alian. S.ST, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan ini diselenggarakan untuk mereplikasi Komitment Desa yang tertuang dalam kartu komitment Bursa inovasi Desa yang selanjutnya akan dituangkan oleh desa ke dalam dokumen RKP Desa untuk yang selanjutnya dituangkan dan dijadikan menjadi APBDesa sebagai upaya pelaksanaan pembangunan di desa.

Bimtek Replikasi Inovasi Desa ini bertujuan untuk mereplikasi program dan kegiatan yang Inovatif dan tepat sasaran yang dikomitmenkan oleh desa pada saat pelaksanaan bursa inovasi desa yang terdiri dari 3 bidang program, yaitu bidang infrastruktur, Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan.

Adapun output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 
Agar Desa – desa memahami bidang program dan kegiatan yang telah dikomitmenkannya sesuai menunya untuk dianggarkan dalam perencaan RKPDES dan APBDES Tahun 2020.

Harapannya “agar desa yang menjadi peserta dapat menyimak materi dengan serius, sehingga jika terjadi perubahan menu program dan kegiatan yang telah diusulkan oleh desa dapat diselaraskan dan dirubah pada saat itu juga”,tegas Alian.

Adapun usulan dan bahasan pada kegiatan ini yaitu, Bidang Infrastruktur, Kewirausahaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM) dan akan disampaikan oleh OPD sesuai TUPOKSI nya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.