Peningkatan Kafasitas LPM, KPMD dan Peran Serta Pemuda dalam Pencegahan Peredaran Narkoba di Desa Hilir Kec. Balai

Penyampaian materi oleh Plt. Sekretaris DPM Pemdes, Alian, S. ST

DISPEMDES- Pemerintah Desa Hilir Kecamatan Balai memberikan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Pengurus LPM, KPMD dan peran serta pemuda dalam pencegahan narkoba dilingkungan Desa Hilir.

“Pelatihan kepemudaan”

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala DPM Pemdes yang diwakili oleh, Plt. Sekretaris Alian, S. ST, Camat Balai atau yang mewakili, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa Hilir dan jajaranya serta peserta yang terdiri atas pengurus LPM, KPMD dan keterwakilan pemuda.

Sebagai narasumber Kepala DPM Pemdes yang pada kesempatan tersebut diwakili Plt. Oleh Sekretaris, Alian, S. ST.

Pada kesempatan tersebut, Alian dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan bagi LPM dan KPMD sangat diperlukan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat. Ini sebagai salah satu faktor keberhasilan pembangunan berbasis masyarakat di desa.

Tujuan pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari kelembagaan baik dari LPM KPMD sebagai Lembaga Kemasyarakat desa yang merupakan mitra pemerintah desa,” katanya.

tugas dan fungsi dari LPM itu sendiri yang berdasarkan regulasi yaitu permendagri No.5 Tahun 2007 adalah menyusun rencana pembangunan yang partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan keamanan desa.

Alian, juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Hilir dan jajarannya yang sudah mengikut sertakan peran pemuda dalam pencegahan Narkoba.


dalam mewujudkan Sekolah dan generasi muda yang bersih dari segala gangguan, penyakit
dan berbagai sumber malapetaka yang akan meracuni dan merusak masa depan generasi
muda. Salah satu gangguan, penyakit, dan sumber malapetaka tersebut adalah bahaya
“penyalahgunaan Narkoba”. Penyalahgunaan Narkoba dan dampak yang ditimbulkannya.

Menurut Alian, saat ini peredaran narkoba tidak hanya menyasar kalangan pekerja, namun generasi muda yang masuk dalam tahap pencarian jati diri juga menjadi target peredaran barang haram tersebut.

Alian “mengingatkan kepada perangkat desa maupun generasi muda, untuk tidak terlibat dan berani mengonsumsi narkoba. Sebab narkoba merupakan mesin pembunuh yang nyata, terlebih bagi mereka yang sudah kecanduan”.Tegas Alian.


Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.