Pemdes Desa Subah Kecamatan Tayan Hilir Menggelar Sosialisasi Pembentukan Bumdes

DISPEMDES KAB. SANGGAU- Pemerintah Desa Subah Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau menggelar sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Rabu (30/9/2020 bertempat diaula kantor Desa Subah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pemberdayaan DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Albert Diponegoro Sihotang, SKM., MKM, Kasi Kelembagaan Kemasyarakatan, Fitriani, SKM., M.Sos, Kepala Desa dan aparatur desa, BPD serta calon pengurus Bumdes.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar aparatur pemerintahan desa dan para calon pengurus Bumdes mengerti apa itu BUMDes, dan bagaimana cara pembentukannya, serta tujuan didirikannya BUMDes.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu program kerja desa, dimana desa tersebut memiliki suatu usaha dari masyarakat yang nantinya akan di kontrol/dipantau oleh desa dan akan membantu perekonomian masyarakat desa.

Dengan adanya BUMDes akan sangat berpengaruh sekali dengan kemajuan perekonomian pada desa tersebut.

Ada banyak peluang yang bisa dikembangkan oleh Bumdes di Desa Subah, antara lain ; Menyediakan pakan ikan, Bibit Kelapa Sawit, serta pupuk untuk kelapa sawit, karena sebagian besar masyarakat khususnya di Desa Subah menjadi petani, peternak ikan dan petani kelapa sawit.

Nama Bumdes Desa Subah yang baru akan dibentuk yaitu, “Tuah Sato”

Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sanggau, sangat mendukung upaya pemerintah desa yang ingin mendirikan bumdesnya. Tetapi harus melalui tahapan- tahapan yang semestinya, seperti, melakukan analisis usaha terlebih dahulu sebelum dibentuknya Bumdes tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan : Mencuci tangan, Menggunakan masker dan Jaga jarak