Pembinaan Aparatur Desa Malenggang

Pelaksanaan pembinaan Aparatur Desa di Desa Malenggang, Kecamatan Sekayam (19/01/2018) bertempat di aula kantor Desa Malenggang. Pemateri dalam kegiatan tersebut yakni Kepala DPMPemdes Kabupaten Sanggau dan Kabid Pemdes DPMPemdes Kabupaten Sanggau, serta BAPPEDA Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut Kepala DPMPemdes mengharapkan agar Aparat Desa dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Selain itu Kepala DPMPemdes menegaskan bahwa Desa Malenggang merupakan salah satu dari 15 (lima belas) desa yang menjadi Desa fokus. Terkait dengan APBDes Desa Malenggang TA.2017, Kabid Pemdes DPMPemdes menegaskan agar desa segera segera menyampaikan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan ABPDes kepada Pemerintah Kabupaten.

Kabid Pemdes DPMPemdes juga menjelaskan bahwa pada tahun 2018 Kabupaten Sanggau mendapat pagu Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN sebesar kurang lebih Rp.128.070.000,- untuk 163 desa dengan pola/sistem pembagian yaitu: 77 persen dibagi rata (azas pemerataan), 3 persen berdasarkan Apirmasi dan 20 persen berdasarkan jumlah penduduk, jumlah penduduk miskin, luas wilayah dan IKG. Sementara ADD untuk 163 desa di TA 2018 berkisar kurang lebih Rp.89 milyar dan itu belum termasuk dana bagi hasil pajak (retribusi daerah). Kabid Pemdes DPMPemdes juga menghimbau agar desa segera menyusun APBDes desanya untuk TA.2018 dengan mengacu pada RPJMDes.

 

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.