Pelatihan dan Pembinaan LPM Desa Padi Kaye Kec. Balai


DISPEMDES- Pemerintah Desa Padi Kaye Kecamatan Balai menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan LPM, Kamis (14/11/2019) bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Desa Padi Kaye. Kepala Desa Padi Kaye Gadak dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan, LPM sebagai lembaga yang ada di Desa agar menjadi pionir semangat pembangunan agar masyarakat mau bergotong royong guna mewujudkan Desa Padi Kaye yang maju dan lebih baik lagi.

Kepala Desa Padi Kaye, Gadak

“Karena pada hakikatnya LPM membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan urusan pembangunan, sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat”ujarnya.

Camat Balai yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan, Susanto mengatakan poin pentingnya disini adalah dengan kehadiran LPM itu bertujuan untuk peningkatan partisipasi dari masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini untuk berpartisipasi dan melihat bagaimana pembangunan serta pemberdayaan di desa.

Sementara itu, Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Plt. Sekretaris, Alian, S. ST menyampaikan Tujuan diadakannya atau dibentuk Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) di desa / kelurahan antara lain ialah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara didalam wadah negara Kesatuan Republik Indonesia bedasarkan pancasila dan UUD 1945, Meningkatkan Partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan, Meningkatnya kemampuan masyarakat sebagai sumber daya manusia, meningkatnya ekonomi kerakyatan dalam upaya pengentesan kemiskinan.

“tugas dan fungsi dari LPM itu sendiri yang berdasarkan regulasi yaitu permendagri No.5 Tahun 2007 adalah menyusun rencana pembangunan yang partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan keamanan desa.

Alian, menuturkan bahwa tujuan pelatihan LPM ini untuk mewujudkan masyarakat mandiri yang sejahtera, dengan adanya Pelatihan LPM ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan atau menambah wawasan serta kepada anggota – anggota LPM sehubungan dengan sistem pemerintahan yang ada di Desa Padi Kaye”katanya.

Foto bersama LPM Desa Padi Kaye Kec. Balai

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.