Pelaksanaan Semiloka Program Inovasi Desa di Kecamatan Kapuas

Kegiatan Semiloka hasil Bursa Inovasi Desa ini dilaksanakan di ruang rapat Kantor Camat Kapuas, Selasa 22 Oktober 2019.

Hadir pada kegiatan ini Plt. Sekretaris DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Alian, S. ST, Perwakilan dari Dinas Perindagkop Kabupaten Sanggau, Perwakilan dari Dinas Cipta Karya Kabupaten Sanggau, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Sanggau, Abdul Kadir, peserta yang hadir pada kegiatan ini berjumlah 40 orang dari 20 desa terdiri dari Kades, Sekdes, serta P3MD, tim PID serta tim Kecamatan Kapuas.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Sekretaris DPM Pemdes Alian. S.ST, dalam sambutannya, Plt. Sekretaris DPM Pemdes mengatakan bahwa Kegiatan ini diselenggarakan untuk mereplikasi Komitment Desa yang tertuang dalam kartu komitment Bursa inovasi Desa yang selanjutnya akan dituangkan oleh desa ke dalam dokumen RKP Desa untuk yang selanjutnya dituangkan dan dijadikan menjadi APBDesa sebagai upaya pelaksanaan pembangunan di desa.

Semiloka tersebut bertujuan untuk mereplikasi program dan kegiatan yang Inovatif dan tepat sasaran yang dikomitmenkan oleh desa pada saat pelaksanaan bursa inovasi desa yang terdiri dari 3 bidang program, yaitu bidang infrastruktur, Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan.

Adapun output dari yang diharapkan dari semiloka itu adalah
“Agar Desa – desa memahami bidang program dan kegiatan yang telah dikomitmenkannya sesuai menunya untuk dianggarkan dalam perencaan RKPDES dan APBDES Tahun 2020”.

Untuk itu Alian berharap agar desa yang menjadi peserta dapat menyimak materi dengan serius, sehingga jika terjadi perubahan menu program dan kegiatan yang telah diusulkan oleh desa dapat diselaraskan dan dirubah pada saat itu juga. Adapun usulan dan bahasan pada kegiatan ini yaitu, Bidang Infrastruktur, Kewirausahaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM) dan akan disampaikan oleh OPD sesuai TUPOKSI nya.
Bidang Ifrastruktur dari OPD Cipta Karya
Bidang Kewirausahaan dri OPD Deprindagkop
Bidang SDM dari OPD Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.