PELAKSANAAN LOMBA DESA TAHUN 2018 DI DESA TERATI KECAMATAN JANGKANG

Pelaksanaan Lomba desa di desa Terati Kec. jangkang (Rabu, 14 Maret 2018). Kabid Pemdes DPM Pemdes Kab. Sanggau (Alian, S.ST) dalam sambutannya secara umum mengatakan bahwa;   Dasar  pelaksanaan lomba desa adlah Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. 

Kabid Pemdes mengatakan bahwa Pelaksanaan Lomba desa dan kelurahan merupakan  “Salah Satu Ajang untuk Meningkatkan MOTIVASI Kinerja Pemerintah Desa/Kelurahan dan berbagai elemen masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa/ kelurahan ke depan melalui hasil evaluasi diri desa yg dilakukan desa di dua tahun sebelum dilakukan penilaian.

Selanjutnya Kabid Pemdes menegaskan bahwa Indikator yg dinilai secara garis besar adalah 3 bidang antara lain:

Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan yg meliputi Asfek : Pemerintahan, Kinerja, Inisiatif dan Kreativitas dalam Pemberdayaan Masyarakat  Desa dan kelurahan berbasis teknologi dan pelestarian Adat Budaya.

Bidang Kewilayahan Desa dan Kelurahan meliputi Asfek : Identitas, Batas, Inovasi, Tanggap dan Siaga Bencana serta Pengaturan Investasi dan;

Bidang Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan yg meliputi Asfek : Partisipasi Masyarakat, Lembaga Kemasyarakatan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Keamanan dan Ketertiban, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Kafasitas Masyarakat.saya

Ketiga Bidang yg dinilai tersebut dibuktikan dengan Fakta, Data dan Realita, dalam arti bukan hanya sekedar ada administrasi dan dokumentasi, tetapi ada pelaksanaan kegiatanny dan semuanya itu tentunya mengacu pada RPJMDesa dan RKPDesa.

Diakhir sambutannya Kabid Pemdes berpesan bahwa; KEMENANGAN dan KEKALAHAN (Juara dan Tidak Juara) dalam lomba desa ini bukan merupakan akhir dari perjuangan desa, TETAPI yg tidak kalah pentingnya adalah bagaimana UPAYA Pemetintah desa untuk mampu melaksanakan roda pemerintahannya guna  mewujudkan Desa yg maju dan mandiri setelah desa mencermati dan  mengevaluasi dari hasil penilaian lomba tersebut.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.