Musyawarah Desa (Musdes) Binjai Kec. Tayan Hulu

Musyawarah Desa (Musdes) Binjai dalam rangka menyusun RKPDES Tahun 2020 bertempat di Aula Kantor Desa Binjai, Senin (9/9/2019).
DPM Pemdes- Musdes dalam rangka menyusun RKPDES Tahun 2020 dihadir oleh Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Siron, S. Sos, M. Si, Camat Tayan Hulu, Anselmus, Kapolsek Tayan Hulu diwakili Bhabinkamtibmas, Koramil Tayan Hulu, Lewi, Kepala Desa Binjai Yosep Heriyanto, beserta perangkatnya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Pemuda Desa Binjai.

Ketua BPD Desa Binjai, Omedi tua surmaha, sekaligus memimpin rapat mengatakan, materi pembahasan Musdes RKP ini merupakan hasil dari Musyawarah Dusun (Musdus). “Masing-masing dusun sudah mempersiapkan usulannya terkait apa yang menjadi prioritas pembangunan ke depannya,” tukas Omedi Surmaha.

Kepala Desa Binjai, Yosep Heriyanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa Musdes RKPDES ini kewenangan BPD. Musdes ini secara periodik setiap tahun berjalan, dan untuk pembangunan yang telah berjalan, Heriyanto mengajak semua masyarakat desa binjai untuk sama- sama menjaga apa yang telah dibangun. Agar apa yang telah dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat. Untuk program tahun 2020 mari kita rencanakan pembangunan yang akan datang sesuai kebutuhan Masyarakat. Untuk pembangunan di desa binjai, Heriyanto menambahkan, tidak serta merta hanya pembangunan infrastruktur saja, tapi pembangunan bidang pendidikan juga, Guna menyelaraskan dengan tekad Pemerintah Pusat “SDM Unggul Indonesia Maju, tekad bapak Presiden ini tentu harus didukung oleh semua pihak”,ujar Heriyanto.

Camat Tayan Hulu, Anselmus dalam sambutannya mengatakan, terkait dengan penyusunan RKPDES untuk tahun 2020 intinya prioritas, merata, dan terakomodir. “Apa yg harus prioritas dan apa yg harus utama dikerjakan di tujuh dusun yg ada di desa binjai”,ujar anselmus

Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Siron, S. Sos, M. Si mengatakan, agar dalam pelaksanaan Musdes seluruh pihak berpartisipasi dalam mengusulkan dan menyusun perencanaan pembangunan tahun 2020 dengan tetap memperhatikan skala prioritas dan tetap berpedoman pada RPJMDes.

Tujuan Musdes merupakan salah satu tahapan mekanisme perencanaan pembangunan di tingkat Desa yang diselenggarakan oleh BPD. dalam menyusun rencana kerja pemerintah desa harus disinergikan dengan program pemerintah kabupaten. “Perhatikan program pemberdayaan, jangan hanya terpaku pada pembangunan fisik saja,” tukas Siron

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.