GATHERING BERSAMA BUMDES SE-KABUPATEN SANGGAU

Sanggau (Kamis, 08/02/2018), bertempat di aula Hotel Meldi Sanggau telah dilaksanakan pelatihan BUMDES yang merupakan kerja sama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui DPMPemdes Kabupaten Sanggau, PT.Bank BRI (Persero) Tbk, dan PT Banyu Aji Alam. Mengusung tema “Membangun Kerja Sama Bussines Gathering BRI dengan BUMDes dan PT Banyu Aji Alam (Distributor Pupuk) dengan BUMDes” kegiatan ini dihadiri oleh 122 orang dari 53 BUMDES Se-Kabupaten Sanggau yang diundang.

DPMPemdes Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Dinas (Rizma Aminin, S.IP, M.Si) dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengharapkan melalui kegiatan ini pembangunan ekonomi masyarakat di Desa akan semakin menggeliat. DPMPemdes juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak secara khusus juga kepada Bank BRI yang telah bersedia untuk mendukung upaya peningkatan kapasitas BUMDes di Kabupaten sanggau sehingga kedepannya kegiatan BUMDes di Kabupaten Sanggau terintegrasi dengan berbagai program kegiatan perbankan yang dapat mendukung kemajuan suatu daerah.

Dalam kesempatan ini Bank BRI menawarkan pola kerja sama kepada BUMDes yang mengacu pada perjanjian antara Bank BRI dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang tertuang dalam PKS No B.1456.DIR/HBL2/11/2016 tanggal 23 November 2016 perihal Manajemen dan Administrasi Penggunaan Dana Desa serta Pengembangan Ekonomi Desa. Poin kerjasama antara Bank BRI dan Kemendes PDTT mencakup: Pertama, memberikan edukasi dan literasi keuangan dalam memenuhi persyaratan memperoleh permodalan KUPEDES dan KUR mikro/ritel BRI. Kedua, melakukan pelatihan kewirausahaan pada BUMDes agar dapat mengembangkan usahanya. Ketiga, pendampingan secara rutin kepada BUMDes. Keempat, dashboard guna mendukung efektifitas administrasi dan pelaporan rekening Dana Desa dan rekening operasional BUMDes. Kelima, BUMDes bersama dapat menjadi agen Bank BRI (BRILink) yang dapat menyediakan berbagai jasa layanan perbankan.

Mengenai mekanisme penyertaan modal dalam penganggaran di APBDes TA. 2018 DPMPemdes Kabupaten Sanggau juga mengingatkan agar 53 Desa yang memiliki BUMDes dapat menganggarkannya dalam APBDes tahun 2018. Adapun penyertaan modal bagi BUMDes dapat menggunakan Dana Desa dari APBN dalam pos bidang pemberdayaan masyarakat yang dapat digunakan untuk pembiayaan peningkatan pengurus BUMDes dan pembiayaan penyertaan modal, dengan catatan bahwa pembiayaan tersebut harus dapat dikelola secara baik dan benar. Penyertaan modal tersebut dapat diberikan apabila BUMDes sudah melengkapi persyaratan kelengkapan administrasi pendirian BUMDes.

 

        

        

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.