Deklarasi Damai Pilkades Serentak, Bupati Sanggau: Junjung Tinggi Sportivitas Berdemokrasi

Sambutan Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S. IP., M. Si dalam rangka deklarasi pilkades damai tahun 2020

SANGGAU- Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes), berkerjasama dengan Polres Sanggau menyelenggarakan Deklarasi Damai sebagai wujud komitmen bersama mensukseskan pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak gelombang III 1 April 2020.

Deklarasi Damai dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Sanggau (GPU), Kamis (12/3/2020). Sebanyak 320 orang calon kades dari 72 desa di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.

Hadir pada Deklarasi damai tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S. IP., M. SI didampingi Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Staf Ahli Bupati, Turut hadir mendampingi Bupati Sanggau, Dandim 1204 Sanggau yang diwakili oleh, Kapten Inf. Saipul, Kapolres Sanggau diwakili Kasat Binmas, IPTU Priyono, serta para Camat dan panitia pilkades.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau, Alian, S. ST dalam sambutan menjelaskan tujuan Deklarasi Damai ini agar penyelenggaraan Pilkades Serentak tahun 2020 di Kabupaten Sanggau dapat berjalan lancar, aman, Damai, kondusif dan demokratis.

Harapannya ada tanggung jawab dan komitmen bersama semua pihak untuk mensukseskan Pilkades Serentak. Baik Pihak Pemerintah, Panitia, BPD, pihak terkait, dan yang lebih utama para calon kades.

Plt. Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Alian, S. ST menegaskan “Para Calon Kades yang nanti terpilih dilarang mengganti struktur perangkat desanya, terkecuali perangkat itu meninggal dunia, tidak lagi memenuhi syarat sebagai perangkat desa, dan melanggar larangan sebagai perangkat desa,” Tegas Alian.

Bupati Sanggau, dalam sambutannya menyampaikan, pemilihan kepala desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.

Ini bertujuan untuk menghasilkan kepala desa terpilih berkualitas dan sesuai harapan masyarakat yang hendak dicapai untuk enam tahun pemerintahan ke depan.

Oleh karena itu, Bupati Sanggau minta agar selama tahapan pilkades serentak berlangsung, junjung tinggi sportivitas berdemokrasi, serta hindari tindakan-tindakan curang selama pemilihan.

Lebih lanjut, Bupati Sanggau berpesan kalau mau membangun desa, para calon Kepala Desa harus kenali dulu desanya masing- masing, kalau sudah kenal sangat mendalam pasti hatinya untuk desa,” Pesan Paolus Hadi.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S. IP., M. Si foto bersama Forkompimda

DEKLARASI PILKADES 2020 DAMAI DAN BERMARTABAT

KAMI CALON KEPALA DESA SEKABUPATEN SANGGAU, DENGAN INI BERJANJI :

1. Siap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Berdasarkan Pancasila Dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

2. Siap Mewujudkan Pilkades Tahun 2020 di Kabupaten Sanggau yang Aman, Damai, Berintegritas Tanpa Hoax, Sara dan Politik.

3. Bersedia Mematuhi Segala Peraturan yang Berlaku Dengan Menjunjung Tinggi Demokrasi yang Bermartabat, Agar Situasi Tetap Kondusif.

4. Kami Siap Menerima dan Mendukung Calon Kepala Desa Terpilih Tahun 2020.

Penulis : A. Joni

Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.