Bursa Inovasi Desa Cluster III Kabupaten Sanggau dengan Moto : “Komit, Tiru Bersinergi dan Mandiri”

Bursa Inovasi Desa Cluster III Kabupaten Sanggau, meliputi Kecamatan Tayan Hulu, Kecamatan Parindu,dan Kecamatan Balai. kegiatan Bursa (BID) Cluster III dipusatkan di Gedung Yayasan Cahaya Kemuliaan Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Kamis pagi (22/8/19.

Camat Tayan Hulu Anselmus, menyampaikan Kita harapkan dari pelaksanaan bursa inovasi desa ini akan bisa melahirkan program yang benar-benar mendukung pembangunan desa dengan melalui dana pusat. Kedepannya kita berharap terjalinnya sinergisitas mulai dari tingkat Desa, Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Provinsi hingga pemerintah pusat” kata Camat Tayan Hulu Anselmus.

pada kesempatan tersebut Sekretaris DPM-Pemdes Kabupaten Sanggau, Rizma Aminin, S. IP., M.Si mewakili Bupati Sanggau dalam sambutannya menyampaikan,
sama dengan apa yang sudah disampaikan oleh Camat Tayan hulu yakni agar kita fokus, komit dan mempunyai semangat untuk memajukan desa. Seperti yang disampaikan oleh Presiden RI bahwa pembangunan dimulai dari pinggiran, sehingga pemerintah menempatkan desa sebagai garda paling terdepan soal pembangunan. Sekretaris DPM Pemdes Rizma Aminin, S. IP., M.Si menambahkan, BID merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa. BID juga sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan merupakan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa.

Program inovasi desa merupakan suatu upaya pemerintah dalam mewujudkan agenda nawacita dalam RPJMN tahun 2015-2019, yakni meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Terutama dalam mengembangkan rencana dan pelaksanan pembangunan desa secara berkualitas, agar dapat meningkatkan produktifitas rakyat dan kemandirian ekonomi, termasuk mempersiapkan pembangunan sumber daya yang dimiliki oleh desa itu sendiri,” tandas dia.